Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen Sebagai Informasi
Akuntansi Manajemen
Adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.
Adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.
Contoh :
·
Kalkulasi biaya produk.
·
Kalkulasi biaya suatu aktivitas.
·
Kalkulasi biaya suatu department.
Fungsi Akuntansi Dalam
Organisasi
Dipandang dari tugas, fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi dibagi dua
kelompok, yaitu :
1. Fungsi Garis (Link Manager)
Adalah para pejabat/pegawai atau bagian
tertentu dalam suatu organisasi yang mempunyai tugas langsung berhubungan
dengan pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
Contoh :
Para manajemen
lini seperti :
· Manajer
produksi Sedan.
· Manajer
Prtoduksi Motor
· Manajer
Produksi Bus
2. Fungsi Staf
Adalah pegawai atau bagian
yang mempunyai tugas tidak langsung dalam mencapai tujuan
organisasi/perusahaan, lebih menekankan pemberian jasa konsultasi, pelayanan
dan informasi kepada staf fungsi garis.
Contoh :Eksekutif Yang Mengurus
Hubungan Dengan Pemerintah
Akuntansi
Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan
dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau
manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen
untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap
dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.
- Dirancang dan dimaksukan untuk digunakan oleh pihak manajemen dalam organisasi sedangkan informasi Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham;
- Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik;
- memandang ke depan, bukan sejarah;
- Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.
Hal ini disebabkan karena penekanan yang berbeda:
informasi akuntansi manajemen digunakan dalam sebuah organisasi, biasanya untuk
pengambilan keputusan.
Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), Akuntansi manajemen adalah adalah
"proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan,
interpretasi dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk
merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk
memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut. Akuntansi
manajemen juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok
non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas
pajak "(Istilah resmi CIMA).
The American Institute of
Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi manajemen
sebagai praktek meluas ke tiga bidang berikut:
- Manajemen Strategi - Memajukan peran akuntan manajemen sebagai mitra strategis dalam organisasi.
- Manajemen Kinerja - Mengembangkan praktek pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja organisasi.
- Manajemen Risiko - Berkontribusi untuk membuat kerangka kerja dan praktek untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan risiko untuk mencapai tujuan organisasi.
Ruang Lingkup Manajemen
1. Organisasi dan Tujuan Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai
tujuan.
Contoh :
§ Panitia 17 Agustus
§ Organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat
§ PT Indofood
§ Departemen Keuangan
2. Strategi
Adalah pemilihan
alternatif untuk mencapai tujuan bagi perusahaan. Satu set strategi yang perlu
dijalankan bagi organisasi yang bertujuan mendapatkan laba, yaitu :
a. Memilih produk/jasa apa yang hendak dijual.
b. Bagaimana membuat produk/jasa.
c. Bagaimana memasarkannya.
3. Struktur Organisasi
Adalah gambar tentang kelompok-kelompok
kerja atau tempat-tempat pimpinan. Serta penjelasan mengenai tugas, tanggung
jawab dan wewenang.
Fungsi Manajemen
1. Planning
Adalah keputusan tentang apa yang akan
dilaksanakan di masa yang akan datang untuk membantu perusahaan dalam mencapai
tujuan.
2. Coordinating
Adalah koordinasi dalam melaksanakan
planning/perencanaan yang telah ditetapkan, supaya bisa berjalan seperti yang
diharapkan.
3. Directing
Adalah pengawasan dari pelaksanaan planning
pada saat planning tersebut dijalankan, di sini termasuk pengarahan dari
orang-orang yang menjalankan planning tersebut
4. Controlling
Adalah pengawasan dari hasil pelaksanaan
planning yang biasanya dijalankan dengan membandingkan antara planning dengan
pelaksanaan sesungguhnya.
SUMBER:
KOMENTAR :
Menurut Saya, dalam penulisan ini kita dapat mengetahui tentang arti ruang
lingkup akuntansi manejemen informasi beserta contohnya dan perbedaan deengan
informasi akuntansi dfan keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar