Senin, 09 Januari 2012

BAB VI PEMASARAN


BAB VI Pemasaran
A.      Pengertian pasar dan pemasaran
Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Definisi pasar secara umum adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari suatu produk dan jasa. Sedangkan definisi dari pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan keompok mempeeroleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
B.       Jenis-jenis Pasar

·         Pasar persaingan Sempurna
                         
Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-cirinya : Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, Barang yang diperdagangkan serba sama, Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).

·         Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )

Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-cirinya : Harga ditentukan satu perusahaan, Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution), Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.

 ·         Pasar Persaingan Monopolistik

Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-cirinya : Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.

·         Pasar Oligopoly

Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.  Ciri-cirinya : Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk),  Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
C.      KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
1.      PASAR
2.      KEBUTUHAN, KEINGINAN, PERMINTAAN
3.      PRODUK DAN JASA
4.      NILAI, KEPUASAN DAN MUTU
5.      PERTUKARAN, TRANSAKSI DAN HUBUNGAN

D.      MANAJEMEN PEMASARAN
Adalah analisis perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

E.       BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
F.        TUJUAN SISTEM PEMASARAN

Memaksimumkan mutu hidup : Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur.
                        
G.      PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN

·         Pendekatan Serba Fungsi
·         Pendekatan Serba Lembaga
·         Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi Industry )
·         Pendekatan Serba ManajemenSumber :

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar